Berdasarkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. 0027/P/BNSP/IX/2014 tentang Kisi-kisi Ujian Nasional Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA
INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita
anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan persamaan isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
|
||
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
|
||
2.
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan
menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk buku harian,
surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan,
resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan
karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi,
pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks.
|
||
Menulis slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
2. Bahasa Inggris SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount)
dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional
pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail,
short message, advertisement, announcement,
invitation, schedule.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau pesan moral/tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk
narrative.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure, maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk
recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk
descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
3. Matematika SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan,
serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk
akar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi
bentuk aljabar,
konsep persamaan
dan pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami konsep kesebangunan,
sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta
menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan hubungan
dua garis: besar sudut
(penyiku atau pelurus).
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Memahami sifat
dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas
permukaan bangun
ruang.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
4.
|
Memahami konsep dalam
statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
4. Ilmu Pengtahuan Alam (IPA) SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan
dan satuannya atau penggunaan alat
ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep
zat dan kalor serta
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan konversi suhu pada termometer.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak,
gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait
dengan
tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep
dan penerapan, getaran,
gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat
cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan
cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik
dinamis dalam suatu
rangkaian (seri/paralel,
Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-
kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa
induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap
matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
|
8.
|
Memahami klasifikasi zat
serta
|
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
perubahannya.
|
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
|
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu
serta perubahannya.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri
dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam
lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan
kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem
organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim- enzim yang berperan
pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
0 komentar:
Posting Komentar